Keuangan

Kelebihan Meminjam Uang di Produk Kredit Multiguna

Hidup di jaman sekarang tidak perlu merasa pusing lagi bila Anda ingin mencari pinjaman uang saat Anda sedang membutuhkan. Karena, telah banyak lembaga atau bank yang turut menyediakan layanan peminjaman uang atau perkreditan. Salah satu kredit yang cukup banyak digunakan orang adalah Kredit Multiguna atau perkreditan dengan agunan. Jika dibanding dengan produk lain, kredit multiguna mempunyai beberapa keunggulan tidak dapat disamakan dengan Kredit Tanpa Agunan (KTA) atau pegadaian.

Membuat tidak sedikit orang yang tertarik menggunakan jenis kredit ini yakni limit pinjamannya tinggi, dimana para peminjam dapat memperoleh pinjaman hingga milyaran rupiah. Syaratnya hanya memberikan sebuah aset ke bank agar yang nantinya dijadikan agunan. Nah, berikut terdapat beberapa kelebihan meminjam uang di produk Kredit Multiguna.

1.       Mempunyai Fleksibilitas Tinggi

Apabila dibandingkan oleh Kredit Tanpa Agunan, tentu kredit multiguna lebih fleksibel. Dimana penggunaan uangnya bisa pakai untuk berbagai macam hal. Seperti memenuhi kebutuhan bersifat konsumtif, entah itu belanja keperluan pokok, beli rumah, sampai non konsumtif lainnya, seperti dana untuk pendidikan atau membangun sebuah bisnis.

Fleksibilitas tersebut membuat Anda bisa mengoptimalkan jumlah pinjaman berdasarkan dengan kebutuhan. Uangnya mau dipakai untuk berbagai macam kebutuhan pun juga akan sah-sah saja untuk digunakan.

Adakah agunannya? Tentu ada, namun agunan tersebut nanti dikembalikan ketika Anda sudah melunasi semua cicilan sesuai tenor yang telah ditentukan. Maka, sudah tidak perlu cemas lagi bila kehilangan aset yang penting cicilan bisa dilakukan dengan teratur.

2.       Limit Pinjaman Lumayan Besar

Mempunyai fleksibilitas yang tinggi, tentu tidak heran jika limit pinjaman dari kredit multiguna juga lebih besar. Biasanya limit rata-rata ada pada kisaran 2 juta sampai 2 miliar untuk satu pengguna. Lain halnya dengan Kredit Tanpa Agunan yang mematok limit hanya ratusan juta saja.

Limitnya yang besar memungkinkan untuk Anda menggunakan dana sesuai kebutuhan Anda pribadi. Akan tetapi, ingat juga bahwa angsuran yang perlu dibayar pasti menjadi lebih tinggi jika pinjaman yang diambil juga sangat besar. Sama halnya juga dengan jaminan atau agunan yang diberikan ke pihak bank.

Tingginya nilai pinjaman yang didapatkan umumnya menyesuaikan nilai agunan atau jaminan yang diberikan. Seperti contoh menjaminkan mobil atau. Pastinya plafon yang menjaminkan mobil akan jauh lebih besar dibandingkan motor sebab harganya pun juga lebih tinggi.

3.       Bunga Pinjaman Tergolong Ringan

Menjadi kelebihan meminjam uang di kredit multiguna berikutnya yaitu bunga pinjaman lebih ringan dibandingkan Kredit Tanpa Agunan. Hal tersebut dikarenakan adanya jaminan atau agunan sebelum pinjaman dicairkan dan diterima oleh debitur. Dengan begitu pihak sudah tidak khawatir apabila peminjam atau debitur di kemudian hari tidak sanggup membayar.

Setidaknya jika debitur tidak melunasi, pihak bank telah memegang jaminan yang dimana nilai jual agunan tersebut sama dengan nilai pinjaman atau bahkan lebih mahal apalagi jika itu berupa aset seperti tanah atau rumah.

Melakukan pinjaman dengan bunga ringan pasti menjadi sangat menguntungkan. Karena jumlah angsurannya ringan dan tidak terlalu membebankan Anda secara finansial. Tapi Anda wajib melunasi pinjaman supaya seta yang Anda jadikan jaminan bisa diambil dan tidak disita oleh pihak bank atau lembaga perkreditan lainnya.

4.       Proses Pencairan Begitu Cepat

Apabila Anda memerlukan dana besar dan proses dana yang dicairkan cepat, Anda bisa memilih kredit multiguna sebagai sebuah solusi. Ada salah satu bank yang memiliki waktu untuk proses pencairannya sekitar 24 jam. Itu berarti dengan hitungan jam saja dana akan cair dan yang penting segala dokumen yang diperlukan lengkap.

Maka dari itu, saat ini Anda sudah tidak perlu merasa khawatir lagi apabila ada keperluan mendadak. Seperti kebutuhan membayar pendidikan sekolah anak, ada anggota keluarga mengalami kecelakaan atau sakit. Anda dapat mengajukan pinjaman kredit multiguna ke bank terdekat.

Walaupun begitu, Anda masih harus memahami ketentuan peminjaman di bank yang Anda pilih. Apabila ada poin yang belum dipahami, seperti rate suku bunga, tenor dan lain sebagainya, maka tanyakanlah hal tersebut. Dengan informasi dan pemahaman yang akurat akan menghindarkan Anda dari berbagai resiko kerugian di masa depan.

5.       Masa Pembayaran Angsuran Cukup Panjang

Dari sisi tenor angsuran, kredit multiguna juga sangat menguntungkan dibandingkan kredit tanpa agunan. Masa pembayaran bisa 15 hingga 20 tahun. Sementara kredit tanpa agunan paling lama hanya 3 tahun. Idealnya, pelunasannya tidak perlu terburu-buru dan dapat Anda sesuaikan oleh kondisi finansial yang sedang dimiliki.

Hal lain yang tidak kalah menguntungkannya yaitu semakin lama tenor, maka akan semakin kecil juga bunga yang dibayar. Apabila pinjaman pokoknya diakumulasikan bersama bunga, jumlahnya tidak sesadis pinjaman lain pada umumnya.